Blog MerabaIndonesia, Catatan Perjalanan, Foto alam,budaya,kuliner,tips mencoba untuk menelusuri indonesia lebih dekat ... Terinspirasi dari Buku Meraba Indonesia dari Ekspedisi zamrud Katulistiwa "GILA" keliling Nusantara Ahmad Yunus dan Farid Gaban

Bambo Rafting di Loksado

Sabtu, 17 Desember 2011
Kamis malam kedatangan tamu dari jogja yaitu Lutfi seorang blogger dan juga backpacker dari jogja yang sudah ku kenal di sidoarjo waktu acara kopdar blogger nusantara, dia berencana untuk Ekplore Kalimantan Selatan, tentu saya sangat senang untuk memperkenalkan kalsel lebih dekat. Dan juga ada backpacker dari depok yang sudah terlebih dahulu datang di banjarmasin. Tujuan Utama mereka Pasar Terapung Lokbaintan dan Bambo Rafting Di Loksado. Disini saya akan cerita serunya bambo rafting ala petualang kami

Jumat sore berangkat dari banjarmasin jam 3 sore dengan menggunakan sepeda motor, panas terik cuaca banjarmasin sedikit menggosongkan kulit untuk terus mengendarai motor yang selalu menemaniku jalan jalan , kami berangkat berlima karena kekurangan motor, terpaksa ada yang  harus menggunakan transportasi umum yaitu taksi colt,mereka heran dengan nama taksi di kalsel, mungkin di kalimantan bukan hal aneh menamakan angkutan umum taksi, bayangan mereka menggunakan taksi argo, bikin tersenyum aja dengarnya ini lah perbedaan. Malam sebelumnya saya ngobrol dengan teman dari depok, dapat info wisata di kalimantan selatan dari mana??? Dari teman2 backpacker banjarmasin dan dari referensi blog2 teman dikalsel, heran ya kok tidak mendapatkan infonya dari dinas pariwisata propinsi kalimantan selatan. Mungkin fungsi dinas pariwisata tidak berfungsi dengan baik atau cara promosinya yang kurang padahal wisata di kalsel juga tak kalah dengan wisata di propinsi lain. Mungkin itu opini saya.

Bambo Rafting

Udah beberapa jam menahan penat dimotor akhirnya saya sampai di Kab. Hulu Sungai Selatan Kandangan, teman2 ku yang berangkat naik taksi juga udah berada di kandangan, karena tidak adanya taksi malam menuju loksado kami mengurunkan niat untuk berangkat malam dan menginap di sekre Pecinta Alam Meratus Hijau Kandangan. Keesokan harinya kita bersiap2 packing melanjutkan perjalanan keloksado menggunakan taksi pedesaan, udara dingin pagi pegunungan meratus menusuk ketulang, indahnya landscape alam meratus membuat hati ini merasakan nikmat alam yang diberikan ALLAH SWT.

Setelah 1 jam perjalanan kami sampai di kawasan wisata loksado, disambut dengan gemuruh sungai amandit yang mengalir berirama membuat hati sapapun ingin mencobanya untuk mengarungi sungai amandit yang bening. Kami istirahat sejenak di sebuah warung untuk minum air hangat karena suasana diloksado terasa dingin dari biasanya. Puas dengan cemilan yang kami beli kami melanjutkan perjalanan ke air terjun haratai yang berjarak 8 km dari desa loksado, menggunakan sepeda motor track yang tidak biasanya dengan medan yang begitu curam membuat hati ini was was. Lagi2 koreksi dari saya kurangnya perhatian pemerintah setempat untuk memperbaiki jalan rusak, bukankah itu akses untuk wisatawan untuk menuju air terjun haratai yang dibanggakan.  kami menikmati air terjun haratai bermalas malasan melepas lelah

Keesokan harinya kami bersiap untuk merasakan sensasi arung jeram menggunakan bambo rafting, yang unik dari arung ini menggunakan bambu sebagai alat mengarunginya, bambu diikat rapat2 dengan tali nya bambu muda yang diiris halus agar menyerupai tali untuk mengikat sela2 bambu,merapatkan agar bisa ditumpangin ditengahnya di bikin tempat duduk untuk penumpang/wisatawan yang ingin mencoba bambu rafting. Biasanya cukup untuk 3 orang dan 1 orang joki (orang yang megang kendali bambu rafting) yang mengemudikan bambo rafting, menyusuri deras sungai,melihat desa desa pinggiran sungai amandit dengan beragam suasana alam yang menambah rasa hati ini terobati. Sekitar 2-3 jam kami mengarungi sungai amandit akhirnya kami sampai finis di desa tanuhi.dan dijemput teman2 dari loksado untuk kembali ke desa loksado. Kulit terasa sangat berubah karena kepanasan, kata orang lebih eksotik walaupun begitu perjalanan ini terbalaskan dengan nikmatnya suasana eksotiknya alam pegunungan meratus desa loksado.